Senin, 27 Agustus 2012

Dapat Ikan Pari 100 Kg

Dapat Ikan Pari 100 Kg

Jadi Tontonan: Ikan pari seberat 100 kg yang didapat Ali di sungai, menjadi tontonan warga setempat. Ikan yang memiliki lebar 1,5 meter dan panjang 2 meter ini rencananya akan dijual dengan harga Rp 15 hingga Rp 20 ribu per Kg.

MUSIRAWAS – Bagi nelayan dan pemancing, kemarau panjang membawa berkah. Salah seorang nelayan kemarin mendapatkan rezeki besar berupa ikan pari di sungai perbatasan Desa Tanjung Raya, Kecamatan Lakit, serta Desa Ngulak perbatasan Muba. Ikan pari yang berukuran raksasa ini menjadi tontonan warga sekitar, dengan diameter lebih dari 2 meter dan lebar sekitar 1,5 meter. “Saya biasa mencari ikan untuk memenuhi kebutuhan hidup, apalagi kalau getah karet lagi sedikit dan harganya anjlok,” ujar Ali, nelayan tersebut.

Awalnya, ikan yang didapatkan hanya untuk lauk-pauk sehari-hari. Tetapi, pada musim kemarau ikan yang didapat dijualnya, dan hasilnya cukup untuk membeli beras. “Untuk ikan pari kecil saya jual Rp5 ribu per kg dan ikan gabus serta sepat Rp10 hingga Rp 15 ribu per kg,” ujarnya.

Minggu kemarin, seperti biasa dirinya membawa jala dan pancing di perahu. Saat dekat muara Sungai Musi dan Rawas, dirinya melemparkan jala. Begitu diangkat, alangkah terkejutnya Ali melihat ikan berukuran sangat besar nyangkut di jalanya. Dengan sekuat tenaga dan penuh kehati-hatian, akhirnya ikan bisa dibawa ke pinggir sungai. Ikan pari berukuran raksasa ini pun langsung menjadi tontotan masyarakat. Ikan pari ini bukan kali pertama didapat ayah lima putra ini. Tetapi untuk yang kesekian kalinya, hanya saja ukuran yang paling besar baru kali ini didapatnya. “Biasanya sore banyak wang yang minta bagi ikan Kak. Yang jelas paling dijual sekilo Rp15 sampai Rp 20 ribu,” kata Ali yang memprediksi ikan pari ini memiliki berat lebih dari 100 kg.

Sementara itu, Arifin, warga yang hobi menghabiskan waktu memancing di pinggiran Sungai Musi dan Rawas mengatakan, saat ini memang musim ikan pari mudik. “Kita mancing saja mendapatkan lebih dari 10 ekor ikan pari ukuran sedang. Yah sekitar 1/2 kg per ekornya,” kata Arifin. (iol/ce5)

Sumatera WEkspres, Senin, 27 Agustus 2012

0 komentar:

Posting Komentar